Cara Membuat Google Form di HP & Laptop

Cara Membuat Google Form
Cara Membuat Google Form - Pada saat ini sudah banyak sekali orang yang mengenal kata atau istilah dari Google Form ini.

Dengan menggunakan Google Form, anda bisa melakukan entri data dalam bentuk kuesioner ataupun formulir yang bisa langsung diselesaikan dengan sangat mudah dalam waktu yang bisa dibilang sangat singkat dengan menggunakan layanan Google Form online.

Google Form atau yang dikenal juga dengan Google Formulir ini merupakan sebuah aplikasi yang memang sudah disediakan oleh Google untuk pekerja manajemen survei yang sudah terintegrasi ke dalam aplikasi Google Drive.

Pada saat ini dengan menggunakan Google Form anda bisa menyelesaikan berbagai macam bentuk pekerjaan seperti pembuatan soal ujuan, polling, formulir pendaftaran, absensi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Layanan Google Forms ini bisa digunakan secara gratis dan juga mudah, yang anda butuhkan disini hanyalah sebuah akun dengan Google untuk membuat Google Forms secara otomatis.

Bukan hanya itu saja, tahapan dalam pebuatan Google Forms juga lumayan mudah untuk para pemula dengan tampilan yang sangat simpel dan juga nyaman, sehingga Google Forms merupakan pilian yang paling populer pada saat ini.

Diantara banyaknya hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan Google Form, fungsi utama dari Google Forms ini adalah untuk memberikan kemudahan untuk para pengguna dalam mendapatkan data diri responden secara online.

Tidak perlu menyediakan yang namanya kertas ataupun dokumen cetak, hanya dengan menentukan jenis data yang akan dimasukkan saja lalu dijadikan sebagai formulir online pada google dan bagikan hasil yang sudah ditautan kepada responden untuk mulai memasukkan data.

Data tersebut akan langsung masuk dari responden dan akan langsung disimpan dengan aman pada akun Google Drive anda.

Data tersebut bisa diunduh dengan menggunakan format speardsheet ataupun format, CSV, hanya dengan menggunakan format yang satu ini maka data dari Google Form bisa langsung dibuka pada komputer lokal anda dengan menggunakan aplikasi pengolah data.

Google Form merupakan program administrasi yang sangat bermanfaat untuk bisa mempermudah dalam pelaksanaan survei ataupun pengumpulan data.

Hanya dengan menggunakan Google Form saja anda atau pembuat survei hanya perlu mengirimkan suatu link kepada para audiens ataupun responden.

Tanggapan yang diberikan oleh semua responden akan langsung terkumpul dalam format tabular pada Spreadsheet.

Bukan hanya itu saja, melainakn anda juga bisa jauh lebih mudah dalam membuat, mengoleksi dan juga mengumpulkan data dengan rapi dan juga real time.

Tentunya tidak sampai disitu saja, dimana penggunaan dari Google Form ini juga bisa menghemat kertas yang biasanya formulir harus dicetak dan dibagikan secara langsung kepada responden.

Teknologi yang ada dalam Google Form ini sangat memudahkan anda sekaligus bisa melakukan penghematan media seperti tintas, kertas, waktu dan juga tenaga.

Yang tidak kalah pentingnya juga adalah data yang sudah diisi ataupun tersimpan akan langsung terjamin keamanannya loh guys.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda informasi yang tidak kalah pentingnya juga mengenai bagaimana cara yang dilakukan untuk membuat Google Form.

Cara Membuat Google Form

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Membuat Google Form yang memang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

1. Cara Membuat Google Form di HP

Cara Membuat Google Form
Cara Membuat Google Form di HP
Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwasanya Google Form merupakan salah satu fasilitas yang memang sudah disediakan oleh Google untuk membuat mengirimkan, mengedit, dan juga menerima respon formulir.

Biasanya Google Form tersebut dibuat untuk disebarkan atau dibagikan lalu diisi oleh semua responden yang ada.

Bukan hanya bisa digunakan sebagai media untuk survei online saja, melainkan Google Form juga sering kali dimanfaatkan sebagai pengumpulan data pendaftaran pada acara-acara tertentu dan juga sebagai media pengumpulan jawaban ujian sekolah.

Dengan melalui Google Form, maka kegiatan pengumpulan data bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah lagi dari sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, karena anda juga bisa memanfaatkan layanan Google Form ini secara gratis tanpa harus dipungut biaya apapun itu.

Bahkan anda juga bisa membuat dan juga mengedit Google Form sesuai dengan kebuthan anda, dikarenakan sudah terdapat banyak sekali fitur yang bisa anda gunakan di dalamnya.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Membuat Google Form di HP yang bisa langsung anda terapkan sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menjalankan browser yang sudah ada di dalam perangkat smartpone anda terlebihh dahulu.
  • Setelah itu, anda bisa menyalin dan juga tempelkan tautan ini Forms.google.com atau anda bisa langsung saja klik link berikut ini (Kunjungi Situs Google Form).
  • Bila situsnya sudah berhasil terbuka, anda tinggal klik icon + untuk menambahkan atau membuat formulir yang baru.
  • Apabila formulirnya sudah berhasil terbuka, anda bisa langsung saja menambahkan judul dan juga deskripsi formulir.
  • Jangan lupa juga untuk menambahkan pertanyaan yang ingin diajukan, sudah terdapat beberapa opsi jawaban yang bisa anda pilih disana, seperti tulisan, pilihan gandam kotak centang, ckala linear dan yang lain sebagainya.
  • Silahkan anda bisa langsung saja memilih salah satu opsi jawaban yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan.
  • Selanjutnya, bila semuanya sudah selesai anda tinggal klik menu Send pada bagian kanan atas Google Form untuk mendapatkan tautan formulir.
  • Maka dengan begitu Google Form sudah berhasil dibuat dan anda bisa langsung saja membagikan tautannya untuk mendapatkan respon.
  • Selesai dech!!!
Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara yang bisa langsung anda terapkan untuk membuat Google Form melalui perangkat smartphone atau Handphone yang sudah kami sediakan di atas.

2. Cara Membuat Google Form di Laptop

Cara Membuat Google Form
Cara Membuat Google Form di Laptop
Bagi anda yang ingin mengetahui bagainana cara untuk membuat Google Form dengan sangat mudah, maka anda sudah berada dalam artikel yang tepat.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahawasanya Google Form pada saat ini sudah menjadi Tools yang sangat penting untuk membantu setiap para penggunanya yang ingin membuat dan juga menyebarkan kuesioner.

Karena adanya Google Form ini, para pemilik kuesioner sudah tidak perlu lagi mencetak kuesioner secara manual dan mencari responden secara tatap muka.

Benar sekali, dikarenakan semuanya pada saat ini bisa dilakukan secara online atau daring, oleh karena itulah sudah tidak perlu diherankan lagi apabila layanan Google Form menjadi sangat populer untuk semua kalangan baik itu individu, organisasi, bisnis sampai dengan perusahaan.

Untuk membuah Google Form yang satu ini bisa dilakukan melalui perangkat PC ataupun handphone, namun pada kali ini kami akan membahas secara spesifik melalui PC atau Laptop.

Sebelum anda memulai membuat Google Form, anda terlebih dahulu harus emmiliki akun Google ataupun Gmail yang bisa dibuat gratis pada Google Accounts.

Apabila anda belum memilikinya anda bisa membuatnya terlebih dahulu, namun apabila anda sudah mempunyai akun Gmail namun lupa password anda bisa memulihkannya terlebih dahulu.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Membuat Google Form di Laptop yang bisa langsung anda terapkan sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah membuka Google Drive yang sudah ada di dalam perangkat laptop anda.
  • Bila aplikasi Google Drive sudah berhasil terbuka, maka anda bisa lanjutkan dengan mengklik New yang ditandai dengan icon + disampingnya.
  • Dengan begitu, akan langsung muncul beberapa pilihan layanan Google, silahkan anda bisa memilih Google Form dan anda sudah bisa mulai membuat Google Form yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Apabila anda sudah berhasil membuat Google Form yang baru, maka anda bisa lanjutkan dengan menambahkan pertanyaan dan membuat Google Form yang baik.
  • Selanjutnya anda tinggal menentukan tujuan anda membuat formulir tersebut, contohnya disini adalah pendataan peserta perjalanan ke pulau pahawang.
  • Lalu anda tinggal memberikan judul formulir dan deskripsi yang mewakili tujuan formulir anda dibuat.
  • Dilanjutkan dengan membuat daftar pertanyaan, sudah terdapat beberapa jenis jawaban yang bisa anda gunakan seperti jawaban pendek, panjang, pilihan ganda, checkbox, tanggal, waktu (jam), unggah file, dan yang lain sebagainnya yang akan menentukan jenis respon pengisi formulir.
  • Pada contoh yang berikutnya, anda bisa langsung saja mencoba mengambail data peserta dengan menggunakan fitur yang memang sudah disediakan pada Google Form, seperti nama, jenis kelamin, pilihan layanan, jadwal keberangkatan dan yang lain sebagainya.
  • Berikutnya anda tinggal klik icon + yang sudah ada disebelah kanan untuk menambahkan pertanyaan yang baru.
  • Tentukanlah apakah pertanyaan anda sifatnya wajib untuk dijawab atau tidak, apabila wajib untuk dijawab maka anda tinggal menyalakan pada bagian perintah atau Required.
  • Dan pada bagian yang satu ini hanya opsional saja, namun apabila anda ingin menambahkan gambar anda tinggal klik icon yang sudah ada di samping menu Date.
  • Dalam pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda atau checkboxes anda bisa menambahkan pilihan yang bebas yang bisa diisi sendiri oleh pengisi formulir caranya dengan mengklik Add Other.
  • Sudah terdapat beberapa jenis jawaban lainnya yang bisa anda minta ke pengisi formulir sesuai dengan kebutuhan anda, seperti skala linear yang biasanya digunakan untuk kuesioner ataupun unggah file (File Upload) untuk meminta data berupa konten visual, audio ataupun video.
  • Apabila dibutuhkan, anda jangan lupa untuk meminta informasi pribadi untuk bertukar informasi seperti nomor telepon, akun media sosial ataupun email.
  • Selain itu, anda juga bisa membagikan section pertanyaan yang sesuai dengan keperluan anda, caranya hanya dengan mengklik icon yang sudah ada dipaling bawah.
  • Jika formulir Google Form yang anda buat sudah jadi, itu artinya anda sudah bisa langsung saja melakukan preview dengan mengklik icon gambar mata yang sudah ada diujung janan sebelah kiri icon pengaturan.
  • Untuk mengubah tampilan dari formulir, anda bisa mengedit tampilan yang dimilikinya dengan mengklik icon palet cat.
  • Selesai dech!!!
Sangat amat mudah sekali bukan cara yang bisa langsung anda terapkan dalam membuat google form menggunakan perangkat laptop dengan melalui google drive.

Akhir Kata

Itulah dia semua penjabaran mengenai cara membuat google form yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat amat mudah loh guys.

Silahkan anda bisa memilih salah satu dari kedua metode yang sudah kami sediakan di atas, gunakanlah cara yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan.

Bila anda merasa bahwasanya uraian yang sudah kami jabarkan untuk anda di atas itu penting, jangan lupa untuk bantu share atau bagikan ke teman ataupun kerabat anda yang memang belum mengetahuinya.

Usai sudah segala macam ulasan pada artikel kali ini yang bisa kami berikan kepada anda, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa!!!

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Google Form di HP & Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel